Easiest Way to Prepare Delicious Bumbu Masak Habang //edisi nyetok

  • 2 min read
  • Oct 23, 2020

Bumbu Masak Habang //edisi nyetok. Bumbu masak habang merupakan bumbu yang sangat umum ditemukan dalam berbagai macam masakan khas suku Banjar. Habang dalam bahasa Banjar memiliki arti merah. Bumbu masak habang sesuai dengan namanya memiliki tampilan berwarna merah.

Bumbu Masak Habang //edisi nyetok Nah, itulah cara membuat ayam masak habang dengan mudah dan praktis. Sajian khas Banjarmasin ini cocok buat kamu yang suka banget sama. Bumbu habang alias bumbu merah merupakan bumbu yang umum digunakan untuk berbagai masakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. You can have Bumbu Masak Habang //edisi nyetok using 9 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Bumbu Masak Habang //edisi nyetok

  1. You need 150 gram of cabe merah kering.
  2. It’s 250 gram of bawang merah.
  3. You need 75 gram of bawang putih @1 bonggol sedang.
  4. You need 3 ruas of jahe.
  5. Prepare 3 ruas of kencur.
  6. It’s 3 saset of terasi abc.
  7. It’s 6 sdm of gula merah.
  8. Prepare 1 cangkir of minyak goreng, utk campuran saat menumis.
  9. Prepare 1 sdt of garam.

Dibandingkan dengan bumbu balado pada umumnya, bumbu habang menggunakan cabai merah besar yang telah dikeringkan. Masak Habang adalah masakan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Habang berarti merah, jadi dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa masakan ini didominasi oleh warna merah yang dihasilkan dari cabe merah. Lebih jauh lagi masakan ini punya rekan pendamping yaitu Masak Hijau.

Bumbu Masak Habang //edisi nyetok step by step

  1. Siapkan bumbu2 yg akan digiling, Bawang, jahe dan kencur dikupas dan cuci bersih. Cabe kering dibuang bijinya, cuci bersih lalu rebus hingga lunak, tiriskan. //maaf, terasi dan gula merah lupa ikut di foto.🙏😊.
  2. Giling halus bumbu menggunakan blender, beri air sedikit selama proses menggiling. //krn ini bikinnya lumayan banyak, jd bumbunya saya giling masing2. Pertama, cabe dulu yg digiling. Lanjut, bawang putih, terasi, jahe dan kencur, giling jd satu. Terakhir, bawang merah. Terserah sih, mana yg mau didahulukan, cuma step nya begitu, biar masing2 bumbu tergiling sempurna (maklum, pakai blender biasa)..
  3. Lalu masukkan semua bumbu giling td ke dalam wajan tanpa minyak. Dan masak dgn api sedang sambil terus diaduk hingga kadar airnya berkurang. // ini tujuan nya, utk mengurangi kadar air bekas menggiling bumbu tadi. Krn bikinnya buat porsi besar, jd biar irit giling nya dicampur air biasa. Kalau bikin sedikit, ya campur aja dgn minyak pas memblender..
  4. Kemudian masukkan minyak dan gula merah. Lalu tumis sampai bumbu benar2 matang dan muncul minyak yg terpisah serta warna menjadi lebih gelap, selain itu aromanya juga wangi. Terakhir, masukkan garam, aduk rata. Kemudian matikan api kompor. Diamkan bumbu hingga dingin, baru simpan dlm toples..
  5. Ohya, saya ga pake bumbu rempah2 ya, spt kayumanis dan cengkeh, tp kalau kalian mau pake, silahkan (sy jg kadang2 pake, tp banyak ngga pake nya!😅). Dan kenapa pake kencur segala? Krn ini resep warisan dr almh. Mama saya, dan mama juga belajar bikin ini hasil dari turun temurun, jd saya ga bisa jelaskan. Kalau ada yg protes, "masak habang ngga ada yg pake kencur"!!! Oke, ga pp, setiap keluarga tentu punya resep khas masing2 kan.? Yg jelas, wangi dan rasa bumbunya akan beda lah… 🙏😍😋😋😋.

Masak sampai airnya hampir habis dan ayamnya lunak. Setelah ayam lunak, goreng ayam sampai bewarna kecoklatan. Di dalam wajan, masukkan ayam, bumbu racik royco, air dan lengkuas. Masak di atas api sedang sampai air mengering. Agar kegiatan masak-memasak dapat berjalan dengan lancar, diperlukan bumbu dapur yang lengkap.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *